10.11.2011

Pulau Sempu

Halo blogwalkers! Akhirnya gue ada kesempatan juga untuk mengupdate ini blog untuk hal-hal yang (agak) lebih berguna sedikit. Kali ini gue mau cerita pengalaman gue trekking di Pulau Sempu, padahal kesana udah dari tahun 2010 tapi baru sempet cerita sekarang hehe.

Ohya dalam postingan gue yang berjudul My Ultimate 10 Trans Indonesia gue menyebutkan 10 spot impian yang pengen gue datengin sepanjang hidup gue di Indonesia. And voila, dreams really do come true! Dalam postingan tersebut gue menyebutkan Gunung Rinjani  di urutan nomer 1. Postingan gue itu bulan Januari 2010, dan gue berhasil mendaki Gunung Rinjani di bulan Juli 2010, yak kira-kira 7 bulan kemudian. Dan sampai sekarang bulan Oktober 2011, gue udah berhasil menyambangi 3 tempat di postingan tersebut (out of 10) yang bakal gue ceritain di postingan gue selanjutnya. Berhubung ini adalah pengalaman gue tahun lalu, jadi gue mungkin agak lupa-lupa juga detil ceritanya gue sepanjang perjalanan ke Pulau Sempu gimana, haha jadi maaf ya kalo kurang lengkap :-)

Okay! *menarik nafas panjang* Perjalanan gue mulai bersama nyokap gue naik kereta dari Gambir sampai Jogja, dimana di Jogja gue ketemuan sama dua temen gue yaitu Aby dan Rio yang juga tertarik untuk ikut perjalanan gue dan nyokap gue ini. Kemudian dari Jogja sampe Malang, kita naik bus sampe terminal di Malang dan kemudian di lanjutkan nyewa mobil ampe selatan Malang, tepatnya Sendang Biru

Pulau Sempu itu pulau kecil di bawahnya Malang (kalau di peta), pulau ini sebenernya untuk konservasi burung. Jadi untuk masuk pulau tersebut kita perlu perizinan (yang cuman basa-basi). Sesampainya di Sendang Biru, pelabuhan kecil untuk nyebrang ke Pulau Sempu, kita disuruh izin dulu sama empunya konservasi, bayarnya 20ribu kalo gaksalah waktu itu untuk 4 orang. Setelah dapet 'perizinan' kita carter kapal nelayan kecil untuk nyebrang, tapi gue lupa berapa waktu itu. Kalo nggak salah 200ribu diantar dan dijemput. Pokoknya setelah tawar menawar dan menemukan titik temu, akhirnya kita nyebrang juga tuh ke Pulau Sempu. Ternyata yang namanya laut bagus tuh ga cuma di Bali Lombok doang loh, daerah pantai pantai selatan Jawa juga keren!
Sendang Biru, pool perahu yang mau nyebrang ke Pulau Sempu

Sesampainya di Pulau Sempu, jangan bayangkan pulau ini sebagai pulau yang well developed, well maintained, ada penginapan-penginapan lucu dan keren, ada resto-resto dan bar yahud. Kaga usah ngarep ada begitu-begituan deh. Nggak usah resto&bar, orang penginapan aja nggak ada. Satu-satunya cara supaya kita bisa memiliki tempat bernaung ya cuman bawa tenda. Nggak ada juga trek yang mumpuni untuk ngeguide lo jalan kaki di pulau tersebut. Terus sebenernya ngapain gue bela-belain nyebrang ke pulau itu dong? Gue juga nggak tau, orang nggak ada apa-apa. Haha nggak deng. Di Pulau Sempu itu ada laguna yang tersembunyi dan belom diekspos, namanya Segara Anakan (Nanti lo akan sadar bahwa banyak banget tempat di Indonesia yang pake nama Segara Anakan -_-) . Nah Segara Anakan ini adalah tujuan utama orang-orang itu melancong ke Pulau Sempu. Nanti gue bakal jelasin kenapa.

Ok jadi ceritanya gue ke Pulau Sempu tanpa persiapan apa-apa. Gue sama sekali nggak tau medannya kayak gimana, gue sama sekali gatau itu tempat untuk apaan. Yang gue tau cuman.... Ya nggak cuman juga sih, gue emang nggak tau apa-apa tentang pulau itu. Si Aby ngajakin, dia udah pernah, dan katanya keren banget kaya di film The Beach itu lagunanya. Ya gue sih manggut-manggut aja deh. Jadi tanpa pengetahuan apapun tentang Pulau Sempu, gue kesana cuman bawa tas kecil isinya kamera (SLR&Analog), sendal jepit, dan berbalut baju&celana pendek yang gue pake. Udah. Dan gue sangat amat menyesal kenapa gue cuman bawa begituan doang. Kenapa? Karena treknya parah banget. Dan ketika gue bilang parah banget, emang segitu parahnya. Lo bayangin aja, gue trekking 3 jam. Jalannya kaga ada yang beres. Men. Beres disini at least tanahnya bisa ditapakkin lah ya. Lah ini? Kagaaa. Gimana mau napak, orang tanahnya becek, lumpur, licin, dan dibalik becek-becekan itu ada karang-karang yang siap menusuk kaki! Gue cuman pake sendal jepit. Dan sendal gue udah nggak berbentuk, warnanya udah coklat semua. (Emang aslinya juga coklat sih). Gue nyesel tau gitu medannya begini gue pake boots karet sekalian! Alhasil gue nyeker, dan itu juga bukan ide yang bagus, soalnya kaki gue udah ketusuk karang-karang yang sembunyi dbalik genangan-genangan air itu. Seru banget deh jalan disitu, berasa jalan di hamparan paku yang digenangi air.... Terus udah gitu tanaman-tanaman di sekitar kita suka berduri gitu, jadi kalo mau kepeleset atau pegangan, kebeset gitu tangannya sama duri. Hutannya juga masih hutan beneran, lebat, hijau, dan gelap. Tapi sumpah itu tantangan banget jalan di trek itu hahaha.
Beristirahat dalam damai: sendal gue.

Setelah 3 jam trekking, di ujung pandangan gue melihat ada sesuatu kebiru-biruan agak kehijau muda-an sedikit, bergoyang-goyang, naik turun pelan-pelan................ MEN. Itu air. Gue seneng nggak karuan, karena ya setelah selama itu berjalan di medan minta ampun tanpa persediaan makanan apa-apa. Paling cuma biskuit. Dan kita cuma bawa 1 botol minum masing-masing. Gue nggak bawa, nitip nyokap aja. Haha. Akhirnyaa kita sudah dekat dengan destinasi kita! Saking udah nggak sabarnya kita untuk berenang-renang di laguna itu akhirnya kita berloncatan aja kebawah, padahal kalo mau turun dengan lebih manusiawi ada treknya, tapi kita udah cukup banget dengan jalannya dan kita pun berloncatan ke air. Untung airnya belom dalem, cuman setengah betis lah kira-kira.

Pemandangan Segara Anakannya Pulau Sempu bener-bener menakjubkan. (Apaan dah diksi gue 'menakjubkan') Serius. Ini kaya di film The Beach --walaupun gue gak pernah nonton tapi katanya sih gitu. Ini bener-bener diluar ekspektasi gue, gue ga pernah membayangkan bahwa diujung hutan belantara yang sialan tadi itu ada pantai seindah ini. Pasirnya luas dan putih banget, airnya jernih banget dan nggak dalem-dalem banget, bener-bener turqouise, dan laguna itu dikelilingi sama tebing-tebing tinggi warna hijau dan goa-goa tersembunyi. Di ujung garis pantai ada karang bolong tempat air laut menerjang masuk. Suasananya bener-bener damai, tenang, sunyi, dan tranquil. Nyokap gue langsung yoga disitu. Gue... kecimpang kecimpung di air. Puas bermain-main di air, gue Aby dan Rio memanjang bukit karang ke suatu tebing, dimana dari tebing itu lo bisa ngeliat samudra Hindia yang limitless. Gue ngeri banget ngeliat ke bawah tebing, allahualam kalo gue ampe jatoh kebawah deh.
Karang bolong lobang keluar masuk air ke laguna

Sayangnya kita nggak rencana untuk nginep, kita nggak bawa tenda makanan atau apapun jadi kita memutuskan untuk balik sebelum gelap. Dan ini bener-bener disayangkan karena jatohnya capek banget, nikmatin cuman berapa jam doang, tapi perjalanannya jalan kaki 6 jam. Sepanjang perjalanan balik gue berpapasan dengan sekelompok mahasiwa yang dalam perjalanan kesana, mereka gotong-gotong ikan, gotong-gotong botol minyak, ampe tumpah-tumpah ke bawah, ikannya jatoh-jatoh ke bawah. Dan gue, udah nggak kuat lagi jalan di medan kaya gitu. Alhasil? Gue ngesot sepanjang jalan, beralaskan pantat gue yang tahan banting, gue menerobos semua medan dengan berani. Karena jalannya licin jadi menurut gue ini cara yang paling efektif, gue nggak bakal jatoh, dan kaki gue nggak bakal ketusuk-tusuk karang. Ya paling pantat gue rata nyampe ujung. Nyokap gue cepet banget pula jalannya, gue ditinggal dibelakang bareng Rio. Aby ditengah-tengah. Nyokap gue seakan-akan uda expert banget udah entah dimana di depan gue. "Si Ibu yang meninggalkan anaknya". Bukan anaknya yang durhakain emaknya.

Sesampainya di ujung kita menunggu perahu yang menjemput, matahari udah mulai turun dari singgasananya, dan laut yang mulai surut memantulkan cahaya-cahaya ke-merah mudaan, gue membersihkan kaki di genangan-genangan air surut yang tersisa. Mengingat-ngingat perjalanan gue tadi yang bener-bener bombastis dan diluar perkiraan, sambil nyampering nyokap bilang "Tam di pulau tadi kan sebenernya masih ada macan jawa nya yang dilindungin, terus itu pulau kuburan masyarakat di Sendang Biru." Gue tersenyum miris, diujung sana terlihat perahu nelayan menghampiri, kami pun melambai-lambaikan tangan kami, naik ke atas perahu, dan membayangkan petualangan kami berikutnya.

Gue, Rio, dan Aby sedang menggambar mahkluk-mahkluk imajiner di pasir
Pemandangan laguna dari atas bukit karang
Pemandangan samudra hindia dari tebing karang
Gue sebenernya nyari foto emak gue lagi Yoga, tapi nemunya  yang beginian
Nama: Rio Status: Suku anak dalam
3 penjelajah tersesat dalam hutan akhirnya keluar menemukan peradaban

Sekian cerita perjalanan kali ini, selanjutnya gue bakal ngomongin tentang Gunung Bromo yang nggak ada habisnya!

Stay cool,
Tami

No comments: