8.14.2009

Komentar Gue terhadap blog anak kelas X yg sempet menggemparkan sanur

Okay first of all gue mau mengucapkan rasa kecewa gue terhadap seluruh anak sanur-alumni-siapapun yang udah ngejek-ngejekin, nyudut, mengumpat, dan sangat ofensif terhadap anak kelas sepuluh yang cuman mengutarakan perasaannya lewat blog dia. yang jelas gue kecewa sm lo semua.

menurut gue, sikap lo semua tuh menunjukan bahwa pikiran kalian tuh cupet. lo tau cupet tuh apa? ga terbuka. tertutup. konvensional.

Biar gue jelasin,
gue pernah ada di posisi yang sama persis sama tuh anak. dia anak baru, smpnya bukan di sanur, kebiasaan dia di smp mungkin sangat berbeda sma sanur. peraturannya, lingkungannya, semua kebiasannya. apa yg dialamin nih anak tuh namanya CULTURE SHOCK. persis bgt ama yg gue alamin dulu waktu kelas sepuluh. dia baru masuk, dengan segala sesuatu yg baru dan asing, yang kalo gue anggep dulu (ampe sekarang sih), FREAK ato ANEH. dia nulis sanur dengan segala ciri khasnya, yang ga ber-AC, kantin ga bermeja dan kursi, papan tulisnya yang masih chalkboard, lalala itu. Gue ga heran kok. gue MAKLUM banget. karena emg itu perbedaan yang dia rasakan. dan untuk nerima perubahaan itu ga gampang. ga bisa dalam sekejap semuanya. gue dulu ngalamin masa-masa down dan depresi waktu tahun pertama di sanur. bahkan parah. gue ampe dibawa ke psikolog sama nyokap gue. gue mogok sekolah. nilai-nilai gue hancur padahal dulu gue termasuk anak pinter di smp (tsah). gue mulai mikir yang enggak-enggak. gue parno. gue sedih. gue bingung. dan gue kesepian. itu yang gue rasain dulu.

Ditambah lagi pada saat yang sama malah banyak anak-anak sanur yang ngecap gue BELAGU, GA TAU DIRI, SOMBONG, NYOLOT, BANYAK GAYA, dan sejenisnya. hahaha kebayang ga perasaan gue gimana? kebayang ga kalo lo ada di posisi gue? ck............

Nah dari situ bisa ngerti ga perasaan kalian perasaan dia gimana? oke, susah buat kalian untuk mengerti kali ya. kalian yang udah sekolah bertahun-tahun disana. merasa berkuasa dengan kata-kata kalian yang kaya gini: "ANAK BARU NGOCOL", "ANAK BARU NYOLOT","ANAK BARU BANYAK GAYA". Hahaha apa lo? merasa berkuasa? merasa jagoan? jijik gue dengan sikap kalian yang kaya gitu.

Menurut gue tuh anak BERHAK nulis kaya gitu. dari yang gue baca juga dia cuma mengutarakan pendapat dan perasaan dia kok. emang mungkin menurut dia peraturannya norak, emang mungkin menurut dia peraturannya aneh, emang mungkin peraturannya freak bgt. NAH itu yang namanya OPINI. Duh -hello? this is a democratic country guys, everybody can express whatever opinions they have. nah beda kalo nih anak fitnah ato apa, tapi dari yg gue baca ga ada kata-kata fitnah kok. jadi gausah deh nyebut-nyebut dia prita kedua, pencemaran nama baiklah, ato apalah. jelas banget itu terlalu dibesar-besarkan.

Dibilang pengkhianat? Terserah. Karena gue bukanlah seorang hipokrit. Lebih baik gue mengutarakan apa yang emang gue rasain, daripada gue jadi orang munafik. gue benci sanur dengan segala peraturan dan tetek bengeknya. gue gasuka ama suster. menurut gue dialah sumber atmosfir ketidak hangatan yang gue rasain di sanur. yaudah mau apa lo? copy paste alamat blog gue dan disebarin ke semua temen-temen lo? bilang gue gabisa jaga mulut atoga berpendidikan? mau ngelabrak gue besok? Haha ini nih yg namanya cupet. itu opini dan perasaan gue kok. kalo lo cinta sanur, memuja suster ato bangga sm dia, yaudah hak lo juga. mind your own bussines please. banyak temen-temen yang gue lihat mereka begitu sering mengeluh tentang sanur, gue rasa mereka juga gasuka peraturan dan konco2nya itu, eh pas baca blog lo, koar-koar kebakaran jenggot juga mereka tuh... haha bingung gue. lo benci, tapi giliran hal yg lo benci diejek-ejek, lo malah marah. haha jadi benci ato kagak sih lo pada? antara hipokrit ato ga konsisten guegatau.

jadi buat lo pada yang ngerasa pengen ngelabrak tuh anak lah, datengin lah, apalah. coba deh dipikir-pikir lagi, lo bilang tuh anak norak, coba ngaca dulu ya mbak mas. terus coba lo PIKIR gimana perasaan lo kalo jadi tuh anak, baru masuk sekolah baru, dengan segala sesuatu yg beda, kesepian dan ketika lo mengutarakan perasaan lo, lo malah digencet. beh sakit banget suer rasanya. tapi mungkin lo yang udah merasa jadi jawara disana bakal susah ngebayangin dengan pikiran lo yg cupet itu haha.

yang jelas, gue ga mau liat siapapun dan ga mau denger siapapun ada yang ngelabrak dia. gue bakal kecam abis-abisan orang yang ampe ada hati untuk melakukan itu.

lalu what can we do now? give it a rest people; she just needs time. TIME. GA MUDAH buat anak baru beradaptasi. masihlabil perasaannya. bahkan gue aja ampe sekarang juga masih belom bisa ikhlas terima kenyataan kok. ayo dong bantuin anak ini untuk bisa cepet menerima keadaan dia sekarang, what she needs is support. bukan kata-kata umpatan ato ejekkan kaya yang kalian lakukan ini. bikin sakit hati banget.. kalo kalian terusin gimana kalo dia depresi berat terus bunuh diri? you guys are responsible too for that you know. jadi, ayo dong kita semua support dia, dukung dia, liatin bahwa as time passes by ternyata hal hal tetek bengek dan segala peraturannya itu not a big deal. gausah yg namanya bales dendam, bales ngejek-ngejek sekolahnya yang lama lah. itu mah namanya nyulut api. dan yang jelas kampungan haha.

segitu deh opini gue tentang kasus blog yang baru-baru ini menggemparkan seluruh sanur ampe ke alumni-alumni segala semua. haha heran gue heboh banget sih lo pada. ( yang gue lebih heran lagi dulu gue nulis di blog kurang lebih sm kaya dia tapi lebih vulgar dan kasar tapi kok kaga bikin gempar ya? hahaha kurang eksis nih gue:p)

thats all folks, support sarah!
cheers and peace
Tami Sandyarani

14 comments:

Kennardi Julianto said...

setuju gua tam (:
eh katanya yang ngelaporin blog dia tuh anak di kelas dia yang sok bertanggung jawab gimana gitu, amit" deh -_-

Unknown said...

hahaha, nice comment and support, tam! ^^
kalo gw sih ngeliatnya...mungkin bahasa tuh anak terlalu sarkastik. mungkin orang malah terganggu sama kata2 makiannya, hehehe...
gw pas smp juga dicap freak, dengan segala kedaerahan gw dan komen gw yg nyablak, hohohoho *kok gw curcol?*

gw dukung deh tuh anak dalam doa^^.

gaby argy said...

Sorry tam.. Tp apapun alesanny hal kya gt gk bsa dbnerin sma skali.
Mau brpndapat? Sangatsangat boleh kok. Mau maki"? Smua anak sanur uga pernah kok.
Tp apa haris di blog yg bsa diakses oleh smua org dsluruh pnjuru dunia?
Tiap org pnya pndangan beda" n persepsi juga.lo tau kisah bu vony n suaminy? Mereka brantem gra" suaminy pas mau nyari ttg sanur diinternet ktmunya ma makian" dan smua hal negatif ttg sanur.
Dampak ny gede kan? Jadi klo mnrut gue pndpat bole lah tp ati" dongg.. Kan blom tntu org" spndapat. Jgn malah jdi provokator.
Dan mnrut gue yang plg membuat gue geram APA SLAH NY GK PAKE AC DAN WHITEBOATD? DUDUK MEANTAI? Halooo jaman dulu jga org sante aj gk idup ber ac macem gt..
Kesel boleh tp alesanny bagusan dikit napa.. Dan klo mnrut lo butuh WAKTU seharusny jga lo ngasih waktu tmbahan buat diri lo sendiri untuk mikir sblom nulis hal kya gt dblog..
Gue mndukung demokrasi dan kebebasan. Tp itu smua harus dilandasi rasa tanggung jwb yg kuat!

Segitu aja opini guee. Smoga lo bisa pikirin ni masalah ulang..

anggitya said...

tiap orang punya pandangan beda-beda - lo punya pandangan beda? begitu juga dengan dia. apakah pandangan lo harus sama dengan pandangan dia atau pun orang lain? engga kan (:

belom tentu sependapat - yaudah. lo ga sepandapat sm dia? dia juga ga sepandapat sm lo tuh. adil kan?

APA SLAH NY GK PAKE AC DAN WHITEBOATD? DUDUK MEANTAI? Halooo jaman dulu jga org sante aj gk idup ber ac macem gt..
Kesel boleh tp alesanny bagusan dikit napa..
- well, kalo itu menurut dia alesan yg bagus gimana dong? sekali lagi, belom tentu sependapat (seperti apa yg lo bilang)

iya emang bener blog itu bisa dibaca seluruh dunia. lalu kenapa? mana sisi salahnya dari dia berpendapat di blognya sendiri?
kalo dia dipermasalahin karena berpendapat ttg sanur, kenapa anak sanur lain yg justru sampe ngatain guru, ga dipermasalahin? ga dilaporin? ga diskors?

ketidakadilan sosial

Anonymous said...

hmm setuju. support sarah!

dulu pas gue masuk smp juga kaget, mana dr alazhar ke sanur -_-
kata yang tepay adalah CULTURE SHOCK.
sanur nggak punya ini itu,
(- sekolah lain JAMAN SKG, semua udah pake whiteboard kali. PAKE AC. KANTIN.- sanur? bayarnya lebih mahal. tapi manaaa? tapi yaudahlah ya ) peraturan nya ini itu.

emang pada dasarnya sanur beda, dan kita harus terima hal itu. tapi itu BUTUH WAKTU. wajar lah kalo orang ngatain ini itu. lagian ini kan di blog sendiri (dimana bloh pada jaman skg digunakan sbg diary (yang tidak pribadi)) . kecuali kalo dia tulis besar2 trus ditempel di papan ijo. oke 'anak-anak lama' ataupun 'kakak kelas' bisa ngelabrak dll.
selain itu, dia kan menulis. bukan ingin melabrak, mendemo, atau menghasut murid2 lain untuk membenci sanur bukan? kok bisa tiba2 skg 'anak2 lama' menekan dia secara mental atau fisik (buat yang mau nglabrak). ini salah.

dan oh please. tolong ya, yang lebay lebay itu sampe ngaduin ke kepsek. sekarang solusinya apa? anak itu malah tambah tertekan bukan? dan pandangan dia terhadap sanur tambah jelek. sebagai orang yang bangga terhadap sanur (yeah right -_-) bukannya mereka malah harusnya tidak seperti itu sama sekali?

gaby argy said...

okay gue akuin si oknum" yg 'katany' mau ngelabrak itu emg salah.. karena siapa yg tau klo dulu tami punya masalah yg sampe segituny gara" ulah si oknum" yg justru ngelabel dy dng hal yg aneh". tp yang jlas maki" jauuuuuh beda dari kritik. itu fakta dan bukan opini. lgian gue juga gak ad minat buat ngelabrak ato maki" dy kok. gue tau mngkin dy belom bisa jauh mikir ke depan. toh siapa tau kedepanny dy brubah pikiran?

dan satu lagi gue tegesin gue mendukung demokrasi dan kebabasan tp itu smua harus dilandasin tanggung jawab yg kuat

lagipula slalu ada cara yg lebih baik untuk menyelesaikan masalah. klo lo kerjaan ny maki" yaaa itu bakalan terus ngisi otak lo dng hal" negatif yg pada akhirnya nyiksa diri lo sendiri.

dan sorry ac dan whiteboard? hehehe terserah lo deh. masa lo mau nyalahin kelas yg panas ma skolah? klo skolah punya segitu powernya buat ngatur cuaca. gue rasa sanur bakal ngatur sesejuk"ny smpe no such thing like global warming happenss.

dan kalo lo selalu menghadapi prbedaan pndapat org lain dng bilang yaa pendapat gue gini trus?
mnurut gue lo nggak akan berkembang. dan itu yang namany tertutup dan justru gamau menerima pendapat org.

oya, gue juga gk setuju kok sama yg ngaduin. lebe aja gituu..

trus yaa, lo tau dongg stiap tindakan itu pasti bakalan dpet feedback dr org" lain suka gak suka? so face it! jgn malah tutup kuping. they might be wrong.. tp ap salah ny koreksi diri?

anggitya said...

masalah ac dan papan tulis. itu wajar kenapa si sarah ini protes. karena kalo lo liat ke sekolah lain dengan uang sekolah yg sama ky kita, mereka udah ada ac di setiap kelasnya + whiteboard

siapa yg ga mau dengerin pendapat? gue kan cuma bilang, itu pendapat dia. terimalah kalo ada yg beda pendapat sm elo, itu doang kok (:

aaaa
jangan jadi berantem. damai (:

gaby argy said...

hehehe gue santai kok.. tnang ajaa. gue gk main "klo beda pendapat ajak ribut ah" hehehe santai aja buu.. walopun ada satu hal yg sbenerny masih ingin gue brpendapat tp yaudalah. bukan urusan guee nyehehehe
toh sarah ny uda mnta maaf kan? eh eh tp gue blom baca blog ny pnasaran dehh..

anggitya said...

postingan dia yg ngata2in sanur sih udah dia remove, skrg yg lagi penuh sama permintaan maaf diaa

wearenotyourmother.blogspot

gaby argy said...

iyaa blog ny sih uda ketemu tp ktany postinganny yg maki"an itu dimasukin ke 4shared. mana?? hehehehe

Utami Sandyarani said...

Gaby bilang
Tp apa haris di blog yg bsa diakses oleh smua org dsluruh pnjuru dunia?
Tiap org pnya pndangan beda" n persepsi juga.
- NAH itu gunanya blog bukan? untuk memberi tahu persepsi lo masing-masing tentang suatu hal. yang perlu dilakukan adalah, kalo setuju ya dukung kalo ga setuju yaudah bilang ke tidak setujuan dengan sopan, dan cabut aja dari blognya. gampang bukan? hehe.

lo tau kisah bu vony n suaminy? Mereka brantem gra" suaminy pas mau nyari ttg sanur diinternet ktmunya ma makian" dan smua hal negatif ttg sanur - well itu kan pendapat orang2 juga bukan? setiap hal ada sisi baik dan buruknya. dan dr pandangan anak2 yg nulis di blog sanur lebih banyak mendapat komentar buruk mungkin? dunia perlu tau apa yang masing2 dari kita dapat dan rasakan sanur. kalo emg gasuka, ya tulis gasuka. kalo suka, ya tulis suka. gausah ditutup-tutupin:)hehe

APA SLAH NY GK PAKE AC DAN WHITEBOATD? DUDUK MEANTAI?- nah ini juga lo perlu membuka pikiran lo untuk mengerti bahwa anak ini masih dalam tahap adaptasi oke? im sure sooner or later dia bakal terbiasa. mungkin karena lo sudah bertahun2 di sanur jadi lo ga menganggap ini sebagai masalah, cuman bagaimana dg anak-anak yg baru masuk?

Dan klo mnrut lo butuh WAKTU seharusny jga lo ngasih waktu tmbahan buat diri lo sendiri untuk mikir sblom nulis hal kya gt dblog - kalo menurut gue ga perlu gab:) namanya juga blog hehe. milik kita. isinya tumpahan isi hati dan pkiran kita. kalo mikir-mikir berarti bukan asli pemikiran dan isi hati kita dong? :D

trus yaa, lo tau dongg stiap tindakan itu pasti bakalan dpet feedback dr org" lain suka gak suka? so face it! jgn malah tutup kuping. they might be wrong.. tp ap salah ny koreksi diri? - i might say dia ga tutup kuping kok gab, buktinya dia minta maaf. yanggak? hehe

Gue mndukung demokrasi dan kebebasan. Tp itu smua harus dilandasi rasa tanggung jwb yg kuat! -oke, rasa tanggung jawab yang kuat dalam menulis blog itu seperti apa ya? hehe.

anggitya bilang, "iya emang bener blog itu bisa dibaca seluruh dunia. lalu kenapa? mana sisi salahnya dari dia berpendapat di blognya sendiri?" - COULDNT AGREE MORE nggi hehe:)

ardaneswari juga blg: "emang pada dasarnya sanur beda, dan kita harus terima hal itu. tapi itu BUTUH WAKTU. wajar lah kalo orang ngatain ini itu. lagian ini kan di blog sendiri (dimana bloh pada jaman skg digunakan sbg diary (yang tidak pribadi))" - super setuju banget. ini salah satu ciri khas blog bukan? masa orang mau nulis di diary diatur-atur? hahaha

selain itu, dia kan menulis. bukan ingin melabrak, mendemo, atau menghasut murid2 lain untuk membenci sanur bukan? kok bisa tiba2 skg 'anak2 lama' menekan dia secara mental atau fisik (buat yang mau nglabrak). ini salah - couldnt agree more:) dia menulis. bukannya menghasut ato memfitnah. cukup jelas dari tulisannya kok itu:)

segitu komen dari gue. any feedback is appreciated:)
Tami

adisti said...

huahahaha nampaknya ada persaingan komen di blog ini. ikutan ah.. huahahha. gini ya guys gw mau berpendapat bahwa apa yang dituliskan sarah di blognya itu memang tidak benar. kasar dan tidak terdidik (mungkin buat lo yg ga terbiasa dengan kata2 kasar akan menjadi amat terganggu dengan isi blog dia) cuma .... ini uda terjadi. UDAH TERJADI. nasi uda jd bubur. mau diapain ? mau dilabrak mau dibunuh mau diapain lah itu tetek bengek, gaakan ngubah apapun. dan posisi dia dalam kondisi tertekan-seperti yg dikatakan smua CULTURE SHOCK- lalu emosi. trs kenapa kita mesti menanggapi dgn emosi jg ? hahha itulah kelemahan org indonesia. dipanasin dikit langsung meledak, panas, ribut. pdhl kita ga berusaha melihat dl lebih dlm, apa mslhnya, apa dasarnya, kenapa dia kaya gt. tp kita malah lgsg menghakimi sendiri. menilai dia dengan anggapan2 kita. kalo gw jd dia si jujur gw sakit hati banget dengan perlakuan smcm itu. dan yg akan gw pikirkan adalah BUKAN "oh iya ya kk kls dan yg lain bilang sanur kaya gini blablabla gw hrs coba adaptasi" HELL NO. gw akan makin berfikir bahwa sanur adalah sekolah terburuk dlm hidup gw. emang dia salah mngungkapkan pendapat dia dgn caci maki dll, tp apa bedanya ama kita yg jg caci maki sanur di belakang kalo lg kesel? yg membedakan kita dan dia adalah : dia pny keberanian utk menulis, kita punya keberanian untuk berbicara. so apa bedanya ? justru dengan komen2 yg tertinggal itulah yang akan membuat sanur jd lebih jelek di mata org, ya iyalah bayangkan kalo org tua membaca blog dia. abis dr mikir ko sanur ternyata dlmnya gini, eeh tb2 ditambah komen2 yg beredar dr anak sanur sendiri yang dapat dikatakan "TIDAK BERADAB" apa pikiran mereka ? ohini produk sanur ? haha. lgan 1 hal yg gw yakin, itu anak2 yg komen cuma pd ikut2an. ga prcaya ? liat aja. dl aja giliran keadaan memojokkan sarah, semua maki2 dia. benci dia. eh skrg giliran uda pd banyak yg pihak sarah, yg maki2 dl minta maaf. kan aneh. uda gt jgn cm berani tls anynomous kali, tls nama biar pd tau yg ngatain siapa aja. haha. gw disini ga maksud ngejek atau ngejudge siapa2 ya. yg ngerasa ya maaf yg ga ngerasa ya bukan mslh. yg jls menurut gw ga usa berlebihan lah dlm menanggapi suatu mslh, kalo kita sndiri aja gatau duduk masalahnya apa, dasarnya kenapa, asal muasalnya gmn.

oiyaa 1 lg, mslh td gaby bilang di 4shared ? HUAHAHHAHAH siapa si org norak yg segitunya ampe masukin ke 4shared ? hei man, ini bukan suatu mslh yg bs dijadiin bulan2an, ko lebai banget si masukin 4shared ? norak deh ah hahahha uda ah sekian komen gw babay

-disti

Anonymous said...

orang kalo udah diabuse bertahun-tahun bisa jadi imun dan kebal. Parhanya lagi, orang kayak gini jadi ngerasa diabuse itu bagus. Suster galak itu demi kebaikan kita toh? Kalo dia nggak galak kita jadi monyet di hutan. Itu gunanya suster, memanusiakan anak-anak sanur. Sebenarnya sih yang dia lakukan justru dehumanize lo semua. Cuman karena lo udah terbiasa sejak teka hidup model gitu, ya udah imun. Orang lain yang masuk sanur pasti shocked. Bravo tami bravo sarah! Gue salut sama keberanian lo untuk menyatakan pendapat. Yang lainnya? Ah cuma yesmen tuuh. (dari bukan-orang-sanur)

Utami Sandyarani said...

@adisti huahahahahaha temenlo kali dis yang masukin ke 4shared? guegatau ternyata lo punya temen senorak itu wkwkwkwk ga temen ih sama lo.

@dari bukan-orang-sanur: wah ini dia suatu pemikiran dari orang yang masih waras. waras takaran orang pada umumnya ya. kalo normal takaran anak sanur mah beda lagi hahaha.
peraturan2 yg dulu kita pikir ga waras ternyata lama2 jadi terbiasa juga. dan secara ga disadari kita menjadi orang yg ga waras karena telah mewaraskan hal yang dulu kita anggap ga waras. (ngerti ga? tenang gue juga ga ngerti. huahahaha.) thanks for the comment ya.