3.22.2010

Fenomena UN

Ckckck, speechless gue. Itu satu kata yang bener-bener menggambarkan perasaan gue sekarang. Mau marah ngamuk-ngamuk? Ga ada gunanya, malah entar gue dibenci. Mau diem? Gabisa banget juga, ya lo tau kalo ada sesuatu yg salah gue ga pernah bisa diem. Jadi ya akhrinya gue hanya bisa nulis di blog aja lah tanpa menyinggung oknum-oknum tertentu.

So guys, gue mau ngomongin UN. Mungkin udah ga asing banget lagi ya kita denger, konspirasi-konspirasi dalam UN, kecurangan-kecurangan, konspirasi antar siswa lah, antara siswa-gurulah, siswa-sekolah, sekolah-pengawas, siswa-pengawas, ya macem-macem deh. Bikin gue miris dengernya. I mean, whats the purpose of UN kalo gitu? Ningkatin standar nasional? Elah ini mah ujung2nya untuk prestis doang!!! Masing-masing sekolah menjaga prestis, masing2 daerah, masing2 provinsi menjaga prestis, tapi menjaga prestisnya dengan cara yang sangat menjijikan, karena apa? karena cuma mengejar yang namanya NILAI. Apalah arti nilai kalo kita dapatkan dengan curang? Useless.

Yep gue kecewa banget sama sistem pendidikan di negara ini, gue kecewa banget sama lembaga pendidikan yang seharusnya mengedukasi siswa, tapi kenyataannya? Lo tau sendiri. Bahkan itu guru-guru sendiri yg ngasih kunci!!! Disgusting! So yuckie! Gue juga kecewa banget sama temen-temen gue ya yang tega aja gitu berbuat curang dalam UN. Tega banget ada temen-temen lo yang susah payah belajar untuk UN, ada yang hampir nangis karena itu soal susah banget, dan lo (yang merasa) dengan gampangnya liat kunci jawaban. Coba bayanginkalo lo jadi mereka, gimana rasanya? Sakit kan? Apalagi nanti kalau hasilnya lebih bagus, beuh sakit kecewa. Bisa-bisa nih orang2 yang bersih ga bakal percaya lagi sama yang namanya kejujuran, thanks to you.

Gue yakin kalo standar kelulusan adalah 4,5 dengan rata 5,5 , kalo emang lo masuk sekolah, dan usaha dikit aja, lo pasti lulus kok, toh kita udah mempersiapkan UN dari hari pertama kita menjejakkan kaki di SMA. Tapi, coba pertanyakan lagi, apakah hanya NILAI yang kita kejar? hanya LULUS kah? Udah? Kalo kalian berpikiran seperti itu, sayang sekali bung, lo hanya berfikiran sampai situ. Padahal there are a lot beyond that, kejujuran? bukankah ada kepuasan tersendiri yang amat sangat waktu lo lulus dengan nilai bagus dan bener2 atas usaha sendiri? Ngapain lo punya nilai UN tinggi-tinggi kalo hasil curang? Dikira orang kagum apa? HELL NO.

Dan gue rasa lo ga perlu capek-capek sekolah 3 tahun ngafalin rumus matematika fisika, kimia, nama2 latin biologi, rumus average cost, grafik permintaan, grafik penawaran, teori gillin&gillin, rumah adat irian jaya, sistem religi orang dayak, dampak positif integrasi nasional lah, apalah, kalo ujung2nya liat kunci pas UN. Ngapain? Capek-capekin, mending lo bolos mulu aja trus masuk pas UN. Ha! Enak kan tuh?

Menyedihkan banget betapa kalo gue liat, hampir SEBAGIAN BESAR anak ngelakuin ini ya. Tiap gue omongin, pasti jawabannya, "ya kan lo di sanur sih tam..." ato, "ya kan elo bahasa tam, enak lebih gampang","ya kan isinya skolah lo jenius2.." Kecewa banget gue denger jawaban-jawaban kaya gitu, kesannya GA ADA USAHA untuk membuat diri lebih baik gitu. Pasrah dengan keterbatasan diri. Man. Dont blame your enviroment, dont blame your school, dont blame your friends, (#blameitonUN, sers) hahaha, ga, man, blame it on your selfrespect. Betapa lo ga menghargai kemampuan diri lo sendiri, dan kenapa lo ga punya kesadaran diri untuk YA BELAJARLAH YA USAHA, bukannya malah curang begini. Ya itulah hasil sistem pendidikan negara kita yang terlalu menitik beratkan pada, nilai angka-angka di rapot. Nilai-nilai moral? Ga penting. Yang penting nilailu bagus, masuk PT bagus, tapi lo liat entar di dunia kerja? Orang-orang yang cuman nyari gampang? Bakal tereliminasi. Oke, mungkin sekarang enggak,karena orang goblok curang aja masih bisa jadi kepala sekolah, tapi gue yakin sekarang makin banyak orang-orang pinter&bersih ya bisa mikir ga cumanpake otak tapi pake hati. dan orang-orangitulah yang akan bertahan.

Selain itu, ada kok tuh temen2 di satu sekolah lo yang ga pake contekan dan mereka berusaha keras untuk lulus, so, itu bukan masalah lo anak mana lo jurusan apa, tapi emg pribadi lo sendiri gimana? lo nyari gampang aja ato ga? lo tahan tekanan ato ga?

Dan buat yang mikir UN itu hal kecil buat gue anak bahasa, yang menganggap UN bahasa tuh gampang, yang mengunderestime bahasa, lo baca baik: lebih baik gue menjadi yang terbaik di jurusan yang ga diagungkan tetapi emg sesuai ama minat gue, drpd gue jadi yang terburuk di jurusan yang sangat diagungkan, atau jadi yang terbaik? tapi nyontek terusss. No thanks. Lebih baik gue di jurusan bahasa, tapi nilai-nilai gue alhamdulillah baik. Dan bagi lo yang menganggap UN bahasa gampang dibanding jurusan lain? Sebenernya gue sensi banget kalo orang udah bilang kaya gitu, tapi nih menurut gue, setiap jurusan JELAS punya mata pelajaran tersendiri yang dianggap susah, IPA dengan itung2annya, IPS dengan ekonometrinya mungkin, geografinya mungkin, dan bahasa, antropologi & sastra indonesia. Gue disuruh ngitung2 rumus fisika jelas ya gabisa, dan anak IPA disuruh menjelaskan faktor2 pendukung integrasi nasional dari sisi antropologi juga gabisa. Jadi? Ya sama aja. Kita sama-sama susah. jadi please, jangan underestimate. Dankenapa gue ga terlalu mempermasalahkan? Karena gue konsekuen dengan pilihan gue, gue milih bahasa, oke gue akan hadapin segala mata pelajaran yang ada disitu, baik susah maupun gampang! dankarena gue memilih jurusan yang gue suka, jadi gue enjoy! Lah kalo gue memaksakan diri masuk ipa, bisa mati epilepsi gue. Jadi sama ajalah IPA, IPS, BAHASA, bidang kita emang berbeda-beda jadi ya gabisa dibanding2in. Yang penting lo konsekuen sama pilihan lo, lo masuk IPA, selamat menikmati fisika, kimia itulah, masuk IPS? selamat menikmati ekonomi, akutansi, geografi, masuk bahasa? selamat menikmati antropologi & sastra indonesia yg jawabannya amat subjektif itu.

Oh ya selain itu ga gampang juga di bahasa, kenapa? karena eksistensi dipertaruhkan!!! Ini gajadi masalah kalo lo anak IPA ato IPS, karena jurusan lo emg udah ada dari dulu dan ga perlu lo usaha untuk mempertahankannya karena apapun yg terjadi jurusanlo akan tetap ada. Tapi kalo bahasa? Kalo nilai UN jelek, bikin malu kaka kelas, adek kelas (secara solidaritas antar angkatan kami sangat tinggi), dan bisa-bisa anak kelas 10 dikit bgt yg mau masuk bahasa, dan terpaksa lah jurusan bahasa ditutup. Duude, itu malu banget. Pleaded guilty. Jadi bukan cuma lulus doang, tapi gue juga harus dapet nilai bagus demi mempertahankan eksistensi bahasa!
Tapi i know itulah salah satu konsekuensi masuk bahasa, tapi id do my best untuk menjaganya!

OK back to UN,
So gausah ngomong besar tentang lo udah gede mau jadi orang sukses yang mengubah Indonesia jadi lebih baik kalo lo UN aja curang. Kalo dari hal kecil begini udah curang, gimana hal-hal besar yang menyangkut hajat hidup orang banyak? Ya semoga orang-orang seperti itu akan tereliminasi deh. Gausah juga lo maki-maki para koruptor dan korupsi yang merajalela di Indonesia, karena ketika lo curang dalam UN, lo telah mendukung negeri ini untuk menjadi lebih, lebih, korup, dikedepannya.

Asli gue kontra banget sama UN, tapi kalopun harus dilaksanakan, ya pelaksanaannya haruslah konsekuen.

Kalo bisa penjagaannya diperketat dan segala kecurangan yang ketahuan langsung dibawa ke ranah hukum, supaya bisa jadi efek jera bagi semua yang nyoba2 ngikutin cara salah itu.

Yah depdiknas.... ngapain sih ngadain UN kalo ujung2nya ini cuman adu prestis yang malah menimbulkan kecurangan? Kalo begini caranya kan UN bukannya meningkatkan standar, malah mendemoralisasi bangsa. Udahlah, gausah ada UN. toh masuk perguruan tinggi juga ada tes, biarlah seleksi alam terjadi disitu.

Hhh, mau jadi apa ini negeri kalo anak mudanya kaya gini, mana didukung oleh yang petua-petua pula. *sigh*, mana jaman sekarang kalo salah dihina-dina, kalo bener dibilang sok-sok-an. Haha serba salah ya zaman sekarang ini :-) Dan minoritas selalu kalah dengan mayoritas. walopun itu mayoritas jelas2 salah. Eugh, whats best for you lah.

With all due respect, let me remind you guys,
You curse Indonesia for its endless corruption and corruptors, but you know what? By cheating in UN, you support Indonesia to be much much more corrupted.

So gimana? Masih mau nyontek?
seperti yang gue baca di blog ini: http://fadshaka.multiply.com/journal/item/53/53
sepertinya kita harus ganti slogan kita dari, KITA HARUS LULUS UN, jadi

KITA HARUS LULUS UN DENGAN JUJUR!

Do your best guys:) and let God do the rest!
Sincerely,
Tami

P.S.
sekolah yg gue maksud bukan sanur, karena sanur bersih banget hm.

2 comments:

adisti citra said...

oi tam gue uda baca. haha jadi inget kemaren betapa kita terbakar emosi membaca twiter. hmm gue setuju ama lo tentang kontra uan, cuma yah gue baru inget gue dikasi tau ama tante gue kalo di belanda emang gaada uan2 gini, tapi gantinya elo dinilai dari awal lo sekolah. parahnya, awal lo sekolah itu menentukan lo akan lanjut ke universitas atau gak. kalo dari awal lo uda males2an atau emang (no offense) ga mampu, lo ga dikasi kesempatan buat kuliah dan itu berarti lo harus ambil kejuruan kaya keterampilan gitu. nah mengingat itu yah, di satu sisi gue masih bisa bersyukur karena segaknya di indonesia siapapun dikasi kesempatan buat kuliah. cuma ya kalo ngeliat sistem sebar2an contekan ya miris juga lah. di satu sisi gue iri, kenapa sih orang2 bisa dengan gampang ngerjainnya dengan nyalin jawaban2 sedangkan gueee ??? mata gue ampe mau copot baca teks b.ind terus otak gue diperes abis2an demi nyari jawaban mana yang paling tepat. yang gue sesalkan kenapa orang indonesia yang terdidik justru yang bermental rendah ? haha kalo boleh gue tantang mungkin mental anak sma jaman sekarang kalo diadu ama pengemis atau anak jalanan, lebih hebat mental anak jalanan yah. kasian. cuma di satu sisi gue melihat juga "bisa apa gue?" gue baru menyadari ini setelah tadi terlibat perdebatan dengan cowok gue yang make dikit, ampe hampir berantem heboh gitu gara2 gue agak emosi juga. haha. gue daritadi berusaha menyadarkan cowok gue kalo dia emang harus usaha sendiri, jangan ngandelin itu, toh itu belum tentu bener. kalo bener ya bagus, selamat. kalo salah ? mati ga lo ? jangan2 lo malah ga lulus gara2 salah contekan lo sendiri wakakka. malu kan. but you know what's his answer ? dia bilang "sebenernya aku bisa ngerjain sendiri sih cuma aku males nanti kalo aku dapet nilai jelek sendiri tapi temen2ku dapet bagus" see ? dari situ gue langsung tersentak aje. kok bisa2nya memilih buat mempertahankan gengsi dengan harus mengorbankan sebuah kejujuran ? gue mulai mikir, mungkin di antara anak2 yang nyontek, banyak org2 yang berfikir seperti cowok gue. malu ama temen2nya kalo dia rendah sendiri. kalo emang iya kaya gitu, jujur gue kasian banget. kenapa ? soalnya, itu menunjukkan elo ga punya pendirian. kenapa lo harus malu ? justru lo harusnya bangga bisa melakukan kejujuran di kala kejujuran itu uda ga berharga. lagian gue yakin kok, kalo lo mengerjakan semampu lo dan hasilnya murni hasil lo, nanti pas suatu saat lo dites cuma berdua sama anak yang uannya lebih tinggi dari lo karena nyontek, PASTI lo menang. percaya ama gue. tapi dgn syarat lo diadu berdua tanpa contekan yah. haha. jadi gausah malu. toh pada akirnya yang menentukan elo bisa sukses adalah kualitas lo, bukan bilai-nilai lo. nilai mah cuma sebagian kecil guys buat nentuin jalan hidup lo.

jadi gue mau pesen aja buat orang2 yang sekarang menggunakan contekan saat uan, sebenernya terserah sih kalo mau make apa ga, cuma coba tanyain lagi deh ama hati lo, sebenernya masi ada ga sih keinginan untuk berbuat jujur sedikit aja ? yaa gue takut aja tar ternyata uda gaada lagi keinginan buat jadi orang jujur, indonesia uda penuh ama orang ga jujur, kalo ditambah kalian, tar yang jujur mau kemana ? dan inget guys, berkaitan dengan mulai gilanya dunia sekarang contoh liat kasus2 bencana alam, terus kecelakaan sana sini, terus tusuk2an antarmahasiswa, gue rasa itu menunjukkan tanda-tanda kiamat memang sudah dekat. jadi berbuat baiklah sebelum terlambat.

sory ya gaada maksud menyinggung tapi buat yang merasa, ya maaf. hehe. thankyou tami buat blognya tar gue mau tulis tentang pandangan org tentang bahasa abis uan. terinsipirasi ni daritadi

Etty Lismiati said...

Bangga rasanya membaca isi hati dan kegelisahan keponakanku , Tami di blog ini, yang memiliki konsep nilai hakiki dan gak ikutan arus yang menyesatkan ini. Kenyataan yang tentu aja bikin kita miris dan sedih sekali. Kita tentu saja gelisah melihat fenomena ketidak adilan ada di depan mata. Mau dibawa kemana bangsa ini jika nilai-nilai kejujuran dipecundangi dengan cara yang amat mengusik nurani. Tapi percayalah, masih banyak orang-orang yang memiliki integritas,tanggung jawab, dan nurani, tetap konsisten mempertahankan tujuan hakiki dari sebuah proses pendidikan.

Alhamdulillah, di sekolah tempat saya mengajar, tidak ada pembodohan terstruktur yang amat memalukan ini. Saya juga "mendengar" ada beberapa sekolah swasta yang memberikan contekan ke murid-muridnya demi prestise sekolah. Tentu saja sekolah “abal-abal” yang para pengelolanya tidak memiliki kemampuan dan kurang percaya diri. ‘Eksistensi semu’nya hanya bisa dilihat dari prosentasi kelulusan. Dugaan ini juga dilakukan oleh beberapa oknum sekolah negeri. Saya mengatakan dugaan, karena saya hanya mendengar kasak kusuk di antara siswa tanpa memperoleh bukti yang kuat. Untuk kasus seperti ini sepertinya agak sulit. Tapi saya meyakini memang ada perubahan tata nilai di dalam masyarakat kita berkaitan dengan fenomena contekan masal yang sudah mencoreng dunia pendidikan.

Masih ingat kasus ibu Siami di Surabaya? Melalui berbagai fenomena yang ada betapa merosotnya tata nilai yang berlaku di sebagian besar masyarakat kita. Jika tata nilai seperti ini terus berkembang, kita tinggal menunggu kehancuran bangsa ini, perlahan tapi pasti. Seolah kejujuran yang dilakukan Siami adalah sebuah kejahatan. Menutup mata pada hal-hal minor pada penyelenggaraan UN dan menganggapnya seolah hal sepele, sama saja dengan meracuni tunas-tunas muda bangsa ini ke arah yang berbahaya. Bertolak belakang bagi tumbuh kembangnya pendidikan karakter yang belakangan dikumandangkan dan menjadi bagian dari kurikulum.

Nyontek masal yang terjadi di sebuah sekolah, tak terlepas dari sistim yang menciptakan peluang bagi tumbuh kembangnya kecurangan demi kecurangan. Ditambah lagi salah satu penilaian kinerja kepala sekolah dilihat dari prosentasi kelulusan siswanya. Akibatnya, tiap sekolah memacu guru dan murid untuk mengejar target standar kelulusan tiap mata pelajaran yang di UN-kan. Pendalaman materi dilaksanakan jauh-jauh hari sebelum UN, kemudian lebih intensif lagi di bulan-bulan terakhir menjelang UN. Setiap hari mereka di ingatkan, bahwa UN semakin dekat seolah menghadapi hukum pancung. Seolah hasil akhir dari sebuah penyelenggaraan pendidikan hanya kemampuan kognitif semata, yang diwujudkan dalam angka-angka. Sekolah yang merasa tidak memiliki kemampuan untuk mengolah input (dalam hal ini siswa) yang bagus, terpancing untuk berbuat curang demi prestise sekolah, yang tentu saja berujung pada penilaian kinerja kepala sekolah.

Jadi kesalahan terbesar bukan pada penyelenggaraan UN, tapi sistim dan oknum2 penyelenggaranya. Kepala sekolah, guru dan masyarakat diharapkan memiliki kesamaan visi bahwa pendidikan adalah sebuah proses panjang yang tidak hanya berujung pada kompetensi akademik, tapi yang lebih penting lagi adalah membangun tunas bangsa yang berkarakter, dan berakhlak mulia. Penyikapan guru, orang tua dan masyarakat terhadap UN menjadi amat penting bagi psikologis anak. Sehingga anak tida perlu harus stress jika mendengar kata UN. Karena ujian adalah bagian dari proses hidup, yang harus diterima sewajarnya.

Terima kasih ya, sudah menulis ini dan membuat harapan menjadi lebih terkuak karena ternyata masih banyak orang yang terusik nuraninya melihat fenomena ini.